News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kenduri Pondok Karya Festival Hadirkan Sejarah Bangkitkan Prestasi & Karya Seni Budaya Asli Pondok Karya

Kenduri Pondok Karya Festival Hadirkan Sejarah Bangkitkan Prestasi & Karya Seni Budaya Asli Pondok Karya

  
Mediapertiwi,id,TangSel-Acara Kenduri Pondok Karya berawal dari ide gagasan bersama mulai dari warga, rt rw , PKK dan para pemuda karang taruna serta aktivis seni budaya dari Pondok Karya untuk merayakan hari jadi kelurahan Pondok Karya, hingga ide gagasan teraplikasikan dengan terbentuknya panitia pelaksana acara , ujar Ahmad Dahlan sebagai ketua panitia acara. 

Ahmad Dahlah menceritakan , pada hari Rabu (4/09/2024) panitia pelaksana HUT 42 tahun Kel. Pondok Karya menggelar rapat persiapan kegiatan “KENDURI FEST 2024”. Rapat ini bertempat diruang AULA KANTOR LURAH PONDOK KARYA yang dipimpin langsung oleh  H. Hendi Apriansyah, S.E,M.AP - LURAH PONDOK KARYA. Peserta yang hadir adalah semua RW se PONDOK KARYA, PKK dan Perwakilan dari RT. Dalam rapat persiapan festival seni & budaya pondok karya yang akan dilaksanakan Sabtu, minggu 21 - september 2024 bertempat di halaman parkir sekolah al azhar bintaro untuk membahas teknis kegiatannya secara detail. Rapat persiapan ini bertujuan agar semua RW paham dan mengerti akan maksud kegiatan FESTIVAL SENI & BUDAYA PONDOK KARYA 2024 yang didalamnya banyak kegiatan diantaranya karnaval budaya nusantara, lomba tumpeng, perlombaan dan bazzar. 

Kami panitia acara Kenduri Pondok Karya Festival juga menyampaikan SEJARAH SINGKAT KELURAHAN PONDOK KARYA melalui web resmi www.kendurifest.my.id , dimana kelurahan Pondok Karya adalah merupakan Desa Pondok Karya  yang dimekarkan dari Desa Pd. Betung berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat - H. A. Kunaefi No. 125/sk-1213-Pemdes/82 pada tanggal 24 Juli 1982.

Kelurahan Pondok karya Kecamatan  Pondok Aren Kota Tangerang Selatan  Provinsi Banten  memiliki luas wilayah 98,810 ha  dengan kondisi wilayah pemukiman padat penduduk dan kawasan pemukiman bintaro jaya sektor 4, mandar dan perumahan pondok jaya dengan jarak dari kantor kecamatan pondok aren   ± 11 km dapat ditempuh dengan waktu 35 Menit .

Pondok  karya  berasal dari nama  Pondok karya ( nawacita SDM kreatif ) Kelurahan pondok karya merupakan wilayah pemekaran dari Kelurahan Pondok Betung (dulu Desa Pd  Betung) pada tanggal 24 juli 1982 dimana mayoritas penduduknya sebagian besar petani pada saat itu dengan penduduk 6.680 jiwa Adapun pejabat kepala Desa / Lurah adalah :

1.    M. YUSUF ABDULLAH menjabat kepala desa tahun  1984 - 1992

2.     DRS. SIHABUDIN HASYIM .SH menjabat kepala Desa Tahun  1993 - 2007

3.     DRS. SUTANG SUPRIANTO M,Si  menjabat Kepala Kelurahan Tahun 2009 - 2012

4.     KAMALUDIN S.AG,.M.Si menjabat Kepala Kelurahan Tahun 2012 - 2018

5.     H. NURHASAN .,SE menjabat Kepala Kelurahan Tahun 2018 - 2019

6.     MUHAMAD IHSANUDDIN SE,M.Si  menjabat Kepala Kelurahan Tahun 2019 - 2023

7.    H. HENDI APRIANSYAH SE,M.A.P menjabat Kepala kelurahan Tahun 2023 - SEKARANG

Sejalan dengan  perkembangan  wilayah sesuai dengan tata ruang  tahun 1985 sebagian wilayah  di bangun  komplek sektor 4 dan tahun 1994 dibangun  Bintaro Jaya Sektor 3 (Mandar), Bintaro Jaya sektor 4, Perumahan Pondok Jaya, Perumahan Deplu akibatnya  akan berdampak pada perubahan tata kelola wilayah dan mata pencaharian penduduk dari petani menjadi wiraswasta,buruh dan karyawan. Kelurahan Pondok karya merupakan wilayah yang Berbatasan dengan kota tangerang,  terdiri dari 10 Rukun Warga dan 70 Rukun Tetangga. 

Sejarah ini menjadi penting untuk diketahui oleh banyak orang khususnya warga Pondok Karya, ujar Ahmad Dahlan. Sejarah inilah yang bisa jadi bukti otentik yang mendorong sejarah baru bangkitannya prestasi dan karya  serta kebanggaan warga Pondok Karya melalui festival seni budaya nusantara. Dan juga jadi sejarah lahirnya motto baru utk warga Pondok Karya yaitu Pondok Karya Berbudaya. Yang tentunya hal ini akan menjadi cerita dan berita untuk generasi penerus dari warga Pondok Karya, Pondok Aren - Kota Tangerang Selatan. 

Syukur alhamdulillah, acara Kenduri Pondok Karya Festival dapat terlaksana, mulai pagi pada hari Sabtu ini 21 September 2024 hingga hari minggu 22 September. Alhamdulillah acara ramai dihadiri oleh ribuan warga Pondok Karya yang menyaksikan acaranya, mulai dari Penggiat, Aktivis, Pemuda, Anak - anak hingga orang tua. Perwakilan dari beberapa sekolah dan tiap RW / RT pun hadir berpartisipasi mengisi dan menampilkan karya seni budaya khas nusantara Pondok Karya, Kota Tangerang Selatan.

Harapan saya sebagai warga maupun pengurus RW sekaligus ketua panitia acara Kenduri Pondok Karya Festival Seni & Budaya Nusantara adalah acara ini menjadi icon bangkitnya seni budaya nusantara khas masyarakat Pondok Karya dan kita semua dapat terus melestarikan seni budaya nusantara beserta nilai - nilai luhur yang ada didalamnya. Dan juga acara dapat jadi ajang prestasi dan karya seni budaya yang berkelanjutan di tahun - tahun kedepannya. Dan tidak lupa saya atas nama pribadi dan ketua panitia pelaksana mengucapkan banyak terima kasih kepada semua panitia acara, lurah, camat dan pemerintah kota serta semua warga yang telah turut berpartisipasi mensupport acara ini hingga terlaksana hari sabtu ini dan hari minggu besok 22 September 2024, tutup Ahmad Dahlan.(Adg) .

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment