News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Musrenbang Nagari Solok Bio Bio Tahun 2025 Dihadiri Anggota DPRD 50 Kota

Musrenbang Nagari Solok Bio Bio Tahun 2025 Dihadiri Anggota DPRD 50 Kota

  
Mediapertiwi,id,Lima Puluh Kota-Sumut-Pemerintahan Nagari Solok Bio Bio mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Nagari (RKP Nagari) tahun 2025 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Nagari (DU RKP Nagari) tahun 2026 pada Selasa (27/8/2024) di aula Homestay Jorong Bio Bio,

Musrenbang Nagari Solok Bio Bio tahun ini dihadiri oleh anggota dewan DPRD kabupaten Lima Puluh Kota, Andri Helmiadi. Juga hadir Perwakilan Beberapa OPD Kabupaten Lima Puluh.

Wali Nagari Solok Bio Bio Muhammad Yunus Dt. Majo Kayo dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Nagari Solok Bio Bio untuk bersatu padu, bahu-membahu, demi mencapai tujuan bersama yakni pembangunan Nagari Solok Bio Bio yang lebih baik sesuai dengan Visi dan Misi Nagari Solok Bio Bio,

Pemerintah Nagari agaknya harus hati-hati dalam mengusulkan daftar usulan program kerja. Terutama dalam bidang pembangunan desa atau nagari. Mengingat, pada bidang ini banyak bersentuhan langsung dengan proses pembebasan lahan masyarakat yang terkena dampak pembangunan.

Hal ini terungkap dalam musyawarah rencana pembangunan nagari (Musrenbang) Nagari Solok Bio Bio , Kecamatan Harau tahun 2025.

Pada Musrenbang ini, instansi terkait di Kabupaten Lima Puluh Kota ikut serta hadir. Mulai dari Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas, Dinas DPMDN, Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Disducapil, Dinas ATR BPN, Polsek Harau, Koramil 05 / Harau Mereka menjabarkan beberapa program kerja dan kegiatan. Nantinya, hal ini bakal diselaraskan dengan daftar usulan Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) nagari Tahun 2025.

Anggota Dewan DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Andri Helmiadi menjelaskan, Musrenbang nagari ini merupakan hal wajib yang dilakukan pemerintahan Nagari yang ada.

“Musrenbang nagari ini banyak manfaat. Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota dan pemerintahan nagari nantinya bakal menerima usulan dari masyarakat tentang hal apa saja yang dibutuhkan dan prioritas untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Nagari,”dan utamanya perlu hati hati dalam mengelola dana desa,mohon perhatikan juknis nya permendesa,Permenkeu,Permendagri,perda dan perbub,koordinasi dgn pendamping desa,pihak kecamatan dan dinas dpmdn kata Andri Helmiadi.

Ada beberapa bidang yang nantinya bakal dibahas dan direncanakan untuk program kerja tahun 2025. Mulai dari bidang pembangunan  desa, pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan hidup.

“Ada juga bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Semua usulan kami rangkum. Agar program nantinya benar-benar tepat sasaran dan pemanfaatannya pun terasa oleh khalayak banyak,” pungkas Andri Helmiadi.

Sementara itu, Wali Nagari Solok Bio bio, Muhammad Yunus menjelaskan, dalam Musrenbang ini, pihak nagari telah mengundang secara khusus tokoh masyarakat, Jorong Perangkat Nagari Bamus Nagari, dan Bundo Kanduang Nagari hingga pihak terkait. Bahkan, undangan terbuka pun dilayangkan untuk masyarakat banyak.

Sifatnya memang terbuka untuk setiap masyarakat yang ingin hadir. Kami ingin, usulan yang kami terima benar-benar yang masyarakat itu butuhkan. Insyallah, kami pastikan, program kerja yang dikerjakan nanti di tahun 2025 bukanlah untuk kepentingan pribadi atau sekelompok masyarakat. Kami meyakini, program kerja pemerintahan nagari dari masyarakat untuk masyarakat kami,” pungkas M.Yunus.[adg].

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment