News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bersatu Dalam Keragaman, Rutan Cipinang Gelar Upacara Peringati HUT RI Ke-79 dengan Pakaian Adat Nusantara

Bersatu Dalam Keragaman, Rutan Cipinang Gelar Upacara Peringati HUT RI Ke-79 dengan Pakaian Adat Nusantara

 Mediapertiwi,id,Jakarta-Seluruh Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024 yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Dengan balutan busana bernuansa adat Nusantara, upacara diikuti oleh seluruh Pejabat Struktural dan Petugas serta perwakilan Warga Binaan Rutan Cipinang dengan khitmad dan penuh sukacita, Sabtu (17/08).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Kepala Sub Seksi Bantuan HUkum dan Penyuluhan Tahanan Dani Diyaulhaq. Dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia, mulai dari baju adat betawi, jawa, batak, aceh, papua dan masih banyak lagi.

Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” menjadi refleksi yang mendalam dari semangat gotong-royong.

“Tema Nusantara Baru Indonesia Maju bukanlah sekedar kalimat retoris semata, tetapi kalimat penuh makna mendalam. Seruan Kalimat Nusantara Baru merupakan hasil refleksi dari semangat gotong-royong bangsa indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara yang maju dan berdaya saing tinggi.” jelasnya

Selain itu, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Inspektur Upacara mengingatkan seluruh Insan Pengayoman di Indonesia untuk menyadari bahwa Kemenkumham RI memiliki peran strategis, tidak hanya sebagai aparat penegak hukum, melainkan garda terdepan dalam menjaga Hak Asasi Manusia.

“Sebagai lembaga negara yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan hukum dan hak asasi manusia. Kemenkumham RI harus mampu bekerja sama dengan semua pihak untuk menciptakan iklim yang mendorong pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, jajaran Kemenkumham RI harus bekerja lebih keras, memanfatkan potensi yang ada, tidak membuang waktu untuk berkontribusi terhadap kemajuan negeri ini” tegas Inspektur Upacara.

Diakhir sambutannya, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengajak seluruh jajaran Rutan Cipinang untuk menyatukan langkah menuju Visi yang lebih besar, menjadikan indonesia sebagai bangsa yang tidak hanya makmur secara materil, tetapi juga kaya akan budi pekerti dan nilai-nilai luhur. "Dengan Semangat perjuangan dan Cinta Tanah Air, mari kita wujudkan Nusantar Baru Indonesia Maju," tegasnya

“Selamat Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024”(Sup) .

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment