News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelayanan Bansos di BRI Sampang Amburadul, MDW Audiensi ke Pemkab

Pelayanan Bansos di BRI Sampang Amburadul, MDW Audiensi ke Pemkab

 
Mediapertiwi,id,Sampang-Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Madura Development Watch (MDW) Sampang melakukan audiensi ke Pemkab Sampang. 

Audiensi itu dilakukan karena, pelayanan bansos di Kota Bahari dinilai amburadul.

Dalam forum audiensi, Siti Farida Ketua MDW menyampaikan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial (Bansos) banyak yang mengeluh terkait pelayanan yang diberikan oleh lembaga penyalur bansos khususnya BRI. Lagi-lagi yang dipermasalahkan terkait pendamping Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Padahal satu tahun yang lalu ketika kita melalukan audiensi terkait penyaluran bansos yang masih amburadul, pihak lembaga penyalur dan dinas terkait sudah sepakat kalau BPNT tidak ada pendampingnya. Nah kenapa sekarang KPM dibuat bola pingpong oleh bank penyalur dan Dinas Sosial terkesan juga tidak mau tahu", imbuhnya. Selasa,(16/07/2024).

KPM Bansos khususnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kata Siti Farida, mengeluhkan pelayanan BRI yang masih amburadul kepada MDW. 

"Menurut KPM BPNT, pelayanan yang diberikan BRI kepada KPM membuat KPM seperti bola ping-pong. Bahkan, mereka menilai BRI Cabang Sampang sarangnya masalah", ujarnya.

Pihaknya juga membeberkan kalau Dinas Sosial dan lembaga penyalur bansos tidak sinkron. 

Terbukti, Siti Farida, ketika kami melakukan audiensi ke BRI, BRI menuding Dinsos yang kurang kooperatif, begitu juga sebaliknya ketika MDW audiensi ke Dinas Sosial, Dinas Sosial menuding BRI dan PT Pos Indonesia kurang koordinasi dan kooperatif.

"Ini kan anih, Dinas Sosial yang seharusnya mengayomi dan menjadi penengah malah terkesan tidak tahu menahu. Dan akibat saling menyalahkan ini, membuat KPM Bansos menjadi bola pingpong", ungkapnya sembari mengungkapkan kemana peran Pemkab.

Sementara, Edi Subinto Kepala Dinsos Kabupaten Sampang mengatakan, kedatangan MDW ini menjadi angin segar bagi kami. Dan terkait permasalahan ini Dinsos sudah membuat kometmen bersama dengan BRI dan PT Pos Indonesia terkait penyaluran bansos.

Pihak penyalur akan selalu berkoordinasi Dinsos PPPA, SDM PKH dan TKSK dalam proses penyaluran dan pemantauan bantuan sosial. Ujarnya.

Lanjut Edi Subinto menyampaikan sembari menyimpulkan hasil audiensi, bahwa pihaknya sudah membuat berita acara yang sudah ditetapkan pada tanggal 04 Juli 2024 dan menjadi komitmen bersama dengan lembaga penyalur.

Kami akan melakukan koordinasi dengan lembaga penyalur, setiap 2 bulan 1 kali. Dan SOP penyalur harus disampaikan juga ke Unit BRI, pelayanan surat rekom akan dipermudah dengan secara Online maupun Offline serta permasalahan ATM atau Butab di Unit bisa langsung di urus di Kantor Cabang BRI. Pungkasnya.(Ab).

Penulis: Mat Jusi 

Sumber Foto: Mat Jusi

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment