News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ananda Fans Club Bersama Warga Merayakan 1 Muharam 1445 H Momentum Memupuk Kesalehan Sosial

Ananda Fans Club Bersama Warga Merayakan 1 Muharam 1445 H Momentum Memupuk Kesalehan Sosial

 
Mediapertiwi,id, Tangerang Selatan-Selasa Malam 18 Juli 2023 menjadi malam tahun baru dalam penanggalan islam yaitu masuknya waktu bulan Muharam pada tahun 1445 Hijriah. semua daerah ikut merayakan acara malam tahun baru Hijriah tersebut dengan beragam tradisi dan acara. 

Tak ketinggalan warga masyarakat Tangerang Selatan juga merayakan khususnya dan umumnya di wilayah sebaran Provinsi Banten. Salah satunya adalah warga masyarakat sekitar Masjid Jami Baitul Huda yang berada di wilayah RW 02, Kelurahan Perigi Lama, Pondok Aren. 

Tahun baru Islam di kenal berawal dari penentuan kalender di zaman pemerintahan Umar Bin Khattab. Penanggalan berdasarkan rotasi bulan dan menjadi pembeda dari tahun masehi dalam penentuan hari.

Sampai masuk di usulan menjadikan momentum pertama kali tahun pertama kalender Islam di kala itu. Yang kemudian menjadikan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Mekah ke Yatsrib hingga kemudian berubah nama menjadi Madinah pada peristiwa setelahnya.

Proses hijrah itulah yang kemudian menjadi penamaan kalender Islam bernama Kalender Hijriah. Dalam titik balik perjuangan umat Islam dikala itu menjadi momentum awal kenyamanan dalam ibadah. 

Momentum penyatuan umat atas nama hijrah untuk mempersatukan antar kaum (Anshor dan Muhajirin) saat itu. Inilah sejatinya salah satu makna Tahun Baru Islam peristiwa Ukhuwah Islamiyah agar senantiasa ummat introspeksi memperbaiki dirinya menjadi muslim sejati dan memperbanyak kesalehan sosial antar sesama.

Peluang untuk menciptakan kesalehan sosial dalam mengisi acara tahun baru Islam ini beragam pola dan tradisinya. Seperti acara yang berlangsung tadi malam di pondok area berlangsung sangat khimat mulai awal acara yang bertempat di Masjid Jami Baitul Huda Kecamatan Pondok Aren, Kelurahan Perigi Lama, wilayah RW 02 . Acara dimulai dengan pawai obor berkeliling kemudian diteruskan dengan Pengajian dan do'a bersama dlm menyambut tahun Baru Islam, 

Acara sambutan para tokoh, santunan yatim - piatu dan dhuafa, door prize. Dan acara  pawai obor dihadiri +/- 400 anggota masyarakat di  kelurahan perigi lama dan sekitarnya, Tutup Tubagus Saptani dan Sarbini. Yang saat acara berlangsung mewakili Ketua HIPMI Banten Ananda Trianh Salichan yang berhalangan hadir dikarenakan sakit.(adg).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment